Roadshow Kesehatan Mental : Kolaborasi Pemerintah Kota, Sekolah dan NGO untuk Masa Depan Anak Surakarta

 

Surakarta, 17 Oktober 2023 – Dalam kolaborasi yang signifikan antara Pemerintah Kota Surakarta melalui Pusat Pendidikan Keluarga dan 10 Sekolah Menengah Pertama di Surakarta, Roadshow Kesehatan Mental telah diluncurkan. Roadshow ini dibantu oleh Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa yang ingin memberikan perhatian khusus pada isu-isu kesehatan mental dalam komunitas pendidikan.

 

Kegiatan yang berlangsung sejak Senin(17/10) ini sedianya akan berlangsung selama 2 minggu dan mengunjungi sepuluh Sekolah Menengah Pertama Negeri, diantaranya : SMPN 2, SMPN 18, SMPN 11, SMPN 1, SMPN 19, SMPN 7, SMPN 4, SMPN 14, SMPN 21 ditutup di SMPN 20. Setiap sekolah akan menjadi tuan rumah untuk sesi apel pagi dengan arahan Wakil Walikota Surakarta tentang kesehatan mental dan anti bullying serta sesi penyuluhan oleh narasumber dari Yayasan KAKAK yang bertujuan untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya kesehatan mental dan paham anti bullying, cara mengatasi tekanan dalam kehidupan sehari-hari dan mencegah terjadinya bullying.

 

Tujuan utama roadshow ini adalah mengurangi stigma terhadap masalah kesehatan mental dan bullying di kalangan anak-anak dan remaja. Dengan melibatkan pemerhati anak, siswa diajarkan cara mengenali tanda-tanda masalah kesehatan mental dan bullying, mengelolanya, dan mencari pertolongan jika diperlukan.

 

Wakil Walikota Surakarta, yang turut serta dalam kegiatan ini, menyampaikan pesannya: “Mari kita ciptakan inovasi di masing-masing mata pelajaran. Makna Merdeka Belajar (adalah) memberi ruang bagi seluruh civitas pendidikan di sekolahnya”

 

Inisiatif ini mencerminkan kesungguhan Pemerintah Kota Surakarta dalam membahas isu-isu kesehatan mental yang memengaruhi anak-anak dan remaja. Hal ini selaras dengan tren global yang semakin mengakui pentingnya kesehatan mental dalam kesejahteraan manusia.

 

Melalui kerja sama antara pemerintah kota, sekolah, dan NGO, diharapkan bahwa kegiatan ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi generasi muda Surakarta. Mereka akan memiliki pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk mengatasi tantangan kesehatan mental dan tumbuh menjadi individu yang kuat, percaya diri, dan mampu menghadapi masa depan dengan lebih baik.