DP3AP2KB Kota Surakarta Gelar Lomba POKTAN Dalam Rangka Menyambut HARGANAS Ke – 31

Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke-31, DP3AP2KB Kota Surakarta menggelar Lomba Kelompok Kegiatan atau Lomba Poktan yang melibatkan berbagai kelompok seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA), dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R). Acara ini berlangsung selama lima hari dan diikuti oleh 25 kelompok kegiatan dari berbagai wilayah di Surakarta.

Kegiatan yang dimulai pada 3 Juni 2024 ini bertujuan untuk memperkuat peran keluarga dalam pembangunan nasional, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup keluarga. Setiap kelompok menunjukkan berbagai inovasi dan program yang telah mereka jalankan dalam poktan masing-masing.

Pada hari pertama, Lomba BKB diikuti oleh BKB Jayengan Kelurahan Jayengan, BKB Pajang Kelurahan Pajang, BKB Ceria Kelurahan Sangkrah, BKB Buah Hati Kelurahan Sumber, dan BKB Menur 20 Kelurahan Jebres. Pada hari kedua, Lomba BKR diikuti oleh BKR Harmoni Sejahtera Kelurahan Bumi, BKR Gerda Laju Kelurahan Sewu, BKR Bestari Kelurahan Kadipiro, BKR Serengan Kelurahan Serengan, dan BKR Kusuma Kelurahan Kauman. Pada hari ketiga, Lomba BKL diikuti oleh BKL Kelurahan Sondakan Kelurahan Sondakan, BKL Kelurahan Joyontakan Kelurahan Joyontakan, BKL Senja Ceria Kelurahan Banjarsari, BKL Prameswari Kelurahan Kedung Lumbu, BKL Seger Waras 13 Kelurahan Jagalan. Sementara pada hari ke empat, Lomba UPPKA diikuti oleh UPPKA Lembah Manah Kelurahan Mojosongo, UPPKA Srikandi Kelurahan Joyosuran, UPPKA Lestari Jaya Kelurahan Punggawan, UPPKA Purwosari RW 13 dan UPPKA Kel Danukusuman Danukusuman. Dan ditutup dengan lomba PIK R pada hari kelima (7/6) yang diikuti oleh PIK R Ganesha Kelurahan Gajahan, PIK R Srikandi Kelurahan Gilingan, PIK R Gandewa Kelurahan Purwodiningratan, PIK R Kelurahan Tipes Kelurahan Tipes,
PIK R Haryo Panular Kelurahan Panularan.

Seluruh peserta diberi kesempatan untuk perkenalan, penayangan video, presentasi profil,penyuluhan, penilaian administrasi dan tanya jawab selama 40 menit. Hal ini memungkinkan peserta untuk saling belajar dan berbagi pengalaman.

Lomba Kelompok Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran keluarga dalam pembangunan nasional serta mendorong setiap keluarga untuk terus berinovasi demi kesejahteraan bersama. Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi dan kolaborasi antar kelompok, memperkuat ikatan dan kerjasama dalam komunitas.

Lomba Kelompok Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa dengan semangat dan kerjasama, keluarga Indonesia dapat terus berkembang dan berdaya saing, menuju masa depan yang lebih cerah.